Rabu, 04 Februari 2009

Bermain WII bisa menyebabkan cedera

Keasyikan bermain Wii ternyata berisiko mengakibatkan cedera. Sejumlah dokter melaporkan bahwa semakin banyak pasien yang mengeluhkan cedera setelah bermain Wii. Kasus cedera akibat bermain Wii ini jamak ditemui di Amerika Serikat dan negara-negara lain.

Pasien mengeluhkan rasa sakit pada bahu, pergelangan tangan, punggung, dan berbagai bagian tubuh lainnya setelah bermain Wii.

Di Inggris, dalam seminggu ada sekitar 10 pasien yang mengalami cedera akibat bermain Wii. Nintendo Wii merupakan sebuah sistem video game dimana pemain menirukan gerakan-gerakan dengan sebuah remote hand-held, misalnya game tenis. Maka pemain mengayun-ayunkan remote seperti raket selama permainan.

Cedera tersebut dapat ditimbulkan karena saat melambaikan remote, lengan dan kaki bergerak ke sana ke mari. Seringkali saat bermain Wii orang menjadi lupa waktu dan tidak melakukan peregangan untuk menghindari cedera.

Dr. Steve Howell, dari Klinik Sendi dan Tulang North Alabama, mengatakan salah satu masalah Wii berasal dari tidak adanya resistensi. Hal ini berbeda dengan saat bermain tenis sungguhan di mana berat raket dan hantaman bola memberikan resistensi. (Bostonherald/detik)

Tidak ada komentar: